Senin, 27 Desember 2010

Bendungan Gerak Waru Turi

Bendung ini dibangun untuk menggantikan fungsi intake Mrican lama yang mengairi darerah irigasi Warujayeng dan intake Turi lama yang mengairi daerah irigasi Turi Tunggorono serta menambah suplai air untuk daerah irigasi Papar Peterongan.
Sebagai bangunan sarana dan prasarana pengairan dimanfaatkan pula sebagai tempat pariwisata, oleh karena itu pula maka oleh Perum Jasa Tirta I dikembangkan sebagai kawasan Taman Wisata.
Upaya pengembangan dan pembangunan pariwisata oleh Perum Jasa Tirta I di Kabupaten Kediri ini telah dilakukan dengan melakukan berbagai penambahan fasilitas penunjang pariwisata di Taman Wisata Bendung Gerak Waru Turi Mrican sesuai tuntutan dan kebutuhan wisatawan di masa sekarang dan masa mendatang.
Taman wisata ini berada sebelah utara ± 7 km, ± 10 menit dari Kota Kediri, tepatnya di Desa Gampeng, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri. Panjang bendungan yang 159 meter digunakan sebagai pengendali air Sungai Brantas, dan sebagai tempat wisata, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas wisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar